Senin, 22 Juli 2013

Catatan Penting Dalam Membuat SOP BISNIS

Sebuah SOP dikatakan berhasil , jika intruksi kerja yang ditulis mampu  dipahami dengan sangat mudah oleh setiap pemakai. Bisa dibayangkan jika sebuah intruksi kerja ditulis dengan sistematis namun ternyata para pemakai tidak memahaminya dan bingung, sehingga setiap tahap pekerjaan menjadi sia- sia, kualitas produk setiap waktu berubah- ubah sesuai dengan mud pemakai serta pemborosan waktu dan biaya.

Yang lebih memperihatinkan lagi, Standart Operating Prosedur (SOP) yang dibuat tidak menggambarkan fakta kerja dilapangan.

 Oleh karena itu, berikut  catatan penting  yang wajib anda perhatikan ketika akan membuat sebuah Sop, antara lain:
  1.  Cari tahu siapa yang akan memakai intruksi kerja tersebut.
  2. Bagaimana alur kerja selama ini dilakukan.
  3. Tulis step by step proses kerja secara berurutan , dari awal hingga akhir. Jangan di bolak balik yang seharusnya tahap pekerjaan di akhir di tempatkan di tahap awal.
  4. Gambar dengan diagram flow chart untuk mempermudah dalam membaca intruksi kerja
  5. Lengkapi dengan dokumen kontrol
  6. Cantumkan tujuan , untuk memastikan tujuan dibuatkanya prosedur tersebut
  7. Cantumkan Ruang lingkup pekerjaan, untuk membatasi prosedur .
  8. Cantumkan siapa penanggungjawab/pemakai  prosedur  tersebut,    http://www.bikinsopperusahaan.com/2013/06/catatan-penting-dalam-membuat-sop-bisnis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar