Sebuah SOP
dikatakan berhasil , jika intruksi kerja yang ditulis mampu dipahami dengan sangat mudah oleh setiap
pemakai. Bisa dibayangkan jika sebuah intruksi kerja ditulis dengan sistematis
namun ternyata para pemakai tidak memahaminya dan bingung, sehingga setiap
tahap pekerjaan menjadi sia- sia, kualitas produk setiap waktu berubah- ubah
sesuai dengan mud pemakai serta pemborosan waktu dan biaya.
Yang lebih
memperihatinkan lagi, Standart Operating Prosedur (SOP) yang dibuat
tidak menggambarkan fakta kerja dilapangan.
Oleh karena itu,
berikut catatan penting yang wajib anda perhatikan ketika akan membuat
sebuah Sop, antara lain:
- Cari tahu siapa yang akan memakai intruksi kerja tersebut.
- Bagaimana alur kerja selama ini dilakukan.
- Tulis step by step proses kerja secara berurutan , dari awal hingga akhir. Jangan di bolak balik yang seharusnya tahap pekerjaan di akhir di tempatkan di tahap awal.
- Gambar dengan diagram flow chart untuk mempermudah dalam membaca intruksi kerja
- Lengkapi dengan dokumen kontrol
- Cantumkan tujuan , untuk memastikan tujuan dibuatkanya prosedur tersebut
- Cantumkan Ruang lingkup pekerjaan, untuk membatasi prosedur .
- Cantumkan siapa penanggungjawab/pemakai prosedur tersebut, http://www.bikinsopperusahaan.com/2013/06/catatan-penting-dalam-membuat-sop-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar