Jumat, 06 September 2013

Sejarah Kampung Kuwukan Di Surabaya dan Jenis Hewan Yang Telah Punah

KUWUK hewan yang perna ada di kota Surabaya yang kini sudah sangat jarang di jumpai.

Ada di daerah Surabaya Barat ada nama Kampung " KUWUKAN " , salah satu nama kampung yang unik . Kampung yang masuk kelurahan Lontar ini tidak jauh dari Jalan kembar Perunas Manukan, dan Pom Bensi Wonorejo. Menurut beberapa tetua kampung di situ, nama Kuwukan diambil dari nama hewan kuwuk yang perna ada didaerah tersebut yang dulunya merupakan hutan .

Kuwuk atau Kucing batu atau Pardofelis marmorata atau dalam bahasa inggris Marbled Cat merupakan salah satu spesies kucing liar yang perna ada di hutan hutan yang dulu ada dikota kita tercinta Surabaya. Hidup di pepohonan dan semak semak. Kuwuk , kucing liar ini memiliki bulu yang tebal dan indah mirip pola dari macan dahan , dengan ukuran tubuh yang hampir sama dengan kucing rumahan. yakni dengan panjang 45-62 cm, memiliki ekor panjang dengan ukuran atara 35-55 cm dan berat 2-5 kg, Kuwuk ini mampu bergerak gesik dari satu dahan ke dahan lainnya, Ukuran dan bentuk ekor ini mempunyai fungsi sebagai penjaga keseimbangan ketika kucing batu bergerak di dahan atau ranting pohon. Selain itu, kedua pasang kakinya besar dan kokoh.
Kuwuk merupakan hewan Nokturnal ( beraktifitas pada malam hari ) dengan daerah kekuasaannya mencapai 6 km persegi , dengan makanan utamanya burung, tupai, tikus dan bebrapa jenis reptil ini menghabiskan hidupnya di atas pohon, tetapi kadang turun untuk berburu mangsa.
Keindahan corak bulunya dominasi oleh warna kecoklatan, abu-abu, kuning dan hitam dengan pola totol , ini membuat kucing ini diburu untuk diambil kulitnya, selain itu habitannya yakni hutan dan semak semakin berkurang juga mangsanya yang juga sudah banyak berkurang , membuat kucing ini semakin sedikit bahkan musnah,
Kuwuk salah satu hewan yang pernah ada dihutan Surabaya

foto : Kucing dan musang blogspot

teks: Berbagai sumber

ciblex.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar