Selasa, 17 September 2013

Indonesia Pasti Tidak Pasti

Kekeliruan orang modern ialah pemikirannya digiring untuk selalu menuju keadaan yang dipersyarati oleh standardisaasi. Hal-hal tertentu dalam hidup memang harus distandardisasi, misalnya dalam aturan bisnis dan aturan-aturan teknis negara. Tapi standardisasi bisa berbahaya ketika diterapkan saat kita belajar agama, kebatinan, tasawuf, dan ilmu-ilmu tinggi karena mereka akan menjadi kerdil oleh ilmunya; menolak pengetahuan yang tidak seperti yang dikenalkan kepadanya.

Sama seperti keris, kalau distandardisasi berarti dia bisa dibuat di pabrik. Padahal letak hebatnya keris bukan pada kerisnya tapi pada sang Empu. Kehebatan kebudayaan Indonesia bukan terletak pada ekspresi budayanya, tapi pada pelakunya.

Kita harus tahu apa itu ironi, apa itu sarkasme, parodi. Seringkali saya ngomong sarkasme tapi dikira ngomong beneran. Ini karena dunia teater sudah tidak hidup di Indonesia. Anda jangan percaya pada kata karena kata bisa diubah oleh nada, nada bisa diubah oleh nuansa, dan nuansa bisa dibatalkan oleh yang lebih tinggi dan lebih lembut daripada itu.
source : Kenduricinta.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar