Rabu, 11 September 2013

RENUNGAN : Kenali Diri Sendiri



Ketika aku muda,dan masih bebas berkhayal,aku bermimpi aku ingin merubah seluruh dunia ini agar menjadi lebih baik.

Namun seiring bertambahnya usia dan kearifanku,ku dapati dunia tiada pernah menjadi lebih baik.
Lalu aku sadari,betapa sulit mengubah seluruh dunia ini,lalu aku putuskan untuk mengubah negaraku saja.

Ketika aku sadari bahwa aku tidak bisa mengubah negaraku,aku mulai berusaha mengubah kotaku.
Ketika aku semakin tua,aku sadari tidak mudah mengubah kotaku.

Ketika usiaku semakin senja,dengan semangatku yang masih tersisa,lalu aku putuskan hanya untuk mengubah keluargaku sendiri dan orang-orang yang dekat denganku.
Namun celakanya,mereka pun tidak mau berubah.

Kini aku semakin renta,aku pun tak bisa mengubah keluargaku.
Aku sadari,bahwa satu-satunya yang bisa aku ubah adalah diriku sendiri.

Hari ini sementara aku terbaring untuk menanti ajal tiba.
Lalu tiba-tiba aku sadari "seandainya saja dulu aku berpikir yang pertama-tama ku ubah adalah diriku sendiri,maka dengan menjadikan diriku panutan dan teladan" maka aku akan bisa merubah keluargaku terlebih dahulu,lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka bisa jadi aku bisa memperbaiki negriku,kemudian siapa tahu dengan begitu aku bisa merubah potret dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar