Senin, 11 November 2013

kruk as suzuki titan sekualitas kruk as suzuki hayabusa? mossok?

Dahulu kala ( tanggal 23 januari 2013dapet info ini )
suzuki_hayabusa_orange_bike-wide (Small)
katanya sih kruk as suzuki titan dll sekualitas suzuki hayabusa
seperti ini ane kopas, dan info ini telah menyebar kemana mana

sempat ngobrol-ngobrol sama salah 
satu mekanik Suzuki Chia Felix desember 
lalu di sirkuit Subang.. pasti deh kenal 
sama Bang Riky.. beliau menyatakan 
pernah ikut ke vendor pembuat parts 
mesin motor untuk order Parts Racing.. 
Nah ternyata Suzuki, Kawasaki, Honda & 
Yamaha pake vendor yang sama untuk 
bikin parts..
Seperti kita tahu kualitas 
Suzuki lah yang terbaik.. Orang 
vendornya sempet bilang : Cuma Suzuki 
yang berani pake kualitas bagus, semua 
metalurgi disesuaikan dengan standar 
intrnasional.. Jadi bahan baku untuk 
bikin Kruk As Shogun, Titan, Nex, 
Thunder, Hayate, dll.. disamakan 
dengan kualitas untuk bikin Kruk As GSX- 
R 1000, Hayabusa, .. artinya standarisasi 
bahan baku motor Suzuki lokal di kita 
sama dengan standarisasi bahan baku 
kualitas motor Suzuki Internasional.. 
Bangga kan pake Suzuki..! Hehehe.. 
Bandingannya begini.. Kruk As Shogun 
dari vendor harganya Rp.850.000 kalo 
udah di kasih label SGP sekitar 
Rp.900.000-an.. 
Nah sedangkan Kruk AS Supra 125 dari 
vendornya cuma Rp.250.000,- (gila baja 
apa tahu nih bahan bakunya) dan kalo 
udah pake label HGP sekitar 
Rp.480.000-an
Contoh lain Mio yang selalu berdecit.. 
(Komponen CVT dibuat oleh vendor 
yang sama..) orang vendornya bilang, 
bukan gak mau bikin CVT mio pake 
bahan bagus.. tapi Yamaha-nya gak 
mau tuh.. makanya mio kalo pake Parts 
CVT Mio Thailand semua problem 
hilang.. padahal dimensinya sama dan 
bisa langsung plek.. 
Nah lho.. Berarti bukan semua Yamaha 
jelek.. Mungkin yamaha di Thailand 
bahan bakunya bagus.. Tapi kita tau 
Yamaha di kita seperti apa.. 
Coba juga tanya yang udah main ffa 
pake Mio.. parts mana sih yang dia 
pake..?? pasti jawabannya lebih tahan 
banting parts Yamaha Thailand.. 
Begitu pun Honda di luar sana yang 
sangat bagus dari segi kualitas dan 
kenyamanan.. Ada kawan TRM yang 
selalu pakai produk Honda Thailand dari 
Sonic 125, Nice 110, NSR SP, dan 
sekarang kembali pakai Sonic.. Bahkan 
masih cari CBR 150 lama kalo ada yang 
jual masih mulus..
 
Tapi dia anti pake produk AHM, 
Menurutnya selain kasar, semua produk 
AHM lebih cepat rusak.. TRM pun setuju 
dengan pendapat demikian.. 
Kembali ke masalah Parts.. Orang 
vendor tersebut sampai mengatakan 
kepada Bang Riky.. : "Orang AHM tuh 
paling bikin pusing kalo dateng kesini.. 
selalu tekan budget pengen harga 
semurah mungkin.. Yaa kita bingung 
mau kasih bahan baku kayak apaan.." 
"Yamaha sama aja kok.. Makanya 
karena kita tau dapur semua motor, 
semua karyawan disini semua pake 
Suzuki.. lu liat aja tuh di parkiran.." 
Bang Riky pun meyakinkan TRM bahwa 
semua di parkiran mayoritas merk 
Suzuki.. (Iyalah kan mereka yang bikin 
semua merk parts motor..)

Artinya lagi khusus d Indonesia Pabrikan 
motor Honda dan Yamaha menurunkan 
kualitasnya.. jadi bukan semua Honda 
dan Bukan semua Yamaha lho Techno 
Mania.. 
Obrolan dengan Bang Riky pun 
menjurus ke sejarah balap Indoprix.. 
Dia bilang bahwa Yamaha tuh masih 
pake mesin lama buat balap.. jadi bukan 
mesin Jupiter Z generasi terkini.. Kalo 
kita (Suzuki) kan ngikutin Produk yang 
keluar, itu yang dipake balap.. Coba kalo 
Shogun 110 dipake lagi.. Gak akan di 
kasih menang lah mereka.. bedanya 
juga jauh banget kok.. kita aja yang 
risetnya belum ketemu.. Yamaha dari 
dulu tenaganya segitu-gitu, mereka 
bertahan.. Kita sih riset dari awal lagi, 
dari nol lagi… 
Kalo Honda oke lah.. karena mereka 
juga mesin baru tapi udah kompetitif.. 
abis dananya gak abis abis.. orang yang 
merisetnya juga banyak banget.. 
Pendapat TRM..:
used-and-second-hand-suzuki-parts-400x300 
Kalo misalnya kita beli motor baru 
bebek 125cc dengan cara 
mengumpulkan parts satu persatu dari 
Crank Shaft, Gear Ratio Set, Crank Case, 
Piston, Cylinder Block, Head Block, 
beserta seluruh isinya, Chassis, Kabel 
Body, lampu-lampu, keseluruhan Body, 
swing arm, velg & ban, kaca spion, 
Speedometer, dll.. sampai lengkap 
semua, lalu dirakit sehingga jadi satu 
motor utuh.. 
Fakta jika di merk Suzuki mungkin sekitar 
Rp.12,5juta.. Ditambah Pajak, BBN, 
ongkos kirin sampai Dealer, dll jadilah 
harga motor tersebut Rp.15 jutaan.. 
Artinya dengan hanya harga 
Rp.15jutaan, Suzuki hanya ambil untung 
dikit.. 
Sebaliknya jika melakukan hal yang sama 
di merk Honda, dengan harga parts 
yang lebih murah kenapa harga baru 
bebek 125cc milik AHM selalu yang 
termahal diantara merk lain.. Artinya 
AHM mengambil untung terlalu banyak.. 
dengan kualitas yang dibawah rata-rata, 
dan dengan harga parts menekan 
budget ke vendor.. Pantaskah produk 
AHM tersebut dibeli..?? 
Lalu dengan kualitas setara GSX-R1000 
pantaskah Suzuki Genuine Parts disebut 
mahal..??
SGP 
Lalu kenapa justru produk AHM 
tersebut lah yang lebih digandrugi..?? 
TRM jadi ingat perkataan Mario Teguh 
yang menyatakan ada barang yang 
mejadi mahal karena kuaitas.. Semakin 
baik fungsinya semakin banyak rupiah 
yang harus dibayarkan.. (Ini yang terjadi 
di Suzuki) 
Tapi ada juga barang yang menjadi 
mahal karena emosi, karena merk 
tertentu, atau bekas dipakai orang 
tersohor maka harganya menjadi mahal 
(ini yang terjadi di produk AHM) 
Coba deh tanya sama pemakai Honda.. 
langkahnya berapa.? diameternya 
berapa.? atau cc itu apa.? Gimana cara 
ngitungnya.? rata-rata mereka gak tahu 
kan..! Satu perkataan yang akan keluar 
dari mulut mereka "YANG PENTING 
HONDA DEH" 
Nah.. Kalo Suzuki hanya dapet untung 
sedikit, masih bisakah melakukan Riset 
untuk pengembangan dan untuk 
memenuhi kemauan konsumen..?? 
Atau demi memenuhi kemauan 
konsumen haruskah Suzuki menurunkan 
kualitasnya agar punya dana riset..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar