katanya sih kruk as suzuki titan dll sekualitas suzuki hayabusa
seperti ini ane kopas, dan info ini telah menyebar kemana mana
sempat ngobrol-ngobrol sama salah
satu mekanik Suzuki Chia Felix desember
lalu di sirkuit Subang.. pasti deh kenal
sama Bang Riky.. beliau menyatakan
pernah ikut ke vendor pembuat parts
mesin motor untuk order Parts Racing..
Nah ternyata Suzuki, Kawasaki, Honda &
Yamaha pake vendor yang sama untuk
bikin parts..
satu mekanik Suzuki Chia Felix desember
lalu di sirkuit Subang.. pasti deh kenal
sama Bang Riky.. beliau menyatakan
pernah ikut ke vendor pembuat parts
mesin motor untuk order Parts Racing..
Nah ternyata Suzuki, Kawasaki, Honda &
Yamaha pake vendor yang sama untuk
bikin parts..
Seperti kita tahu kualitas
Suzuki lah yang terbaik.. Orang
vendornya sempet bilang : Cuma Suzuki
yang berani pake kualitas bagus, semua
metalurgi disesuaikan dengan standar
intrnasional.. Jadi bahan baku untuk
bikin Kruk As Shogun, Titan, Nex,
Thunder, Hayate, dll.. disamakan
dengan kualitas untuk bikin Kruk As GSX-
R 1000, Hayabusa, .. artinya standarisasi
bahan baku motor Suzuki lokal di kita
sama dengan standarisasi bahan baku
kualitas motor Suzuki Internasional..
Bangga kan pake Suzuki..! Hehehe..
Bandingannya begini.. Kruk As Shogun
dari vendor harganya Rp.850.000 kalo
udah di kasih label SGP sekitar
Rp.900.000-an..
Nah sedangkan Kruk AS Supra 125 dari
vendornya cuma Rp.250.000,- (gila baja
apa tahu nih bahan bakunya) dan kalo
udah pake label HGP sekitar
Rp.480.000-an
Suzuki lah yang terbaik.. Orang
vendornya sempet bilang : Cuma Suzuki
yang berani pake kualitas bagus, semua
metalurgi disesuaikan dengan standar
intrnasional.. Jadi bahan baku untuk
bikin Kruk As Shogun, Titan, Nex,
Thunder, Hayate, dll.. disamakan
dengan kualitas untuk bikin Kruk As GSX-
R 1000, Hayabusa, .. artinya standarisasi
bahan baku motor Suzuki lokal di kita
sama dengan standarisasi bahan baku
kualitas motor Suzuki Internasional..
Bangga kan pake Suzuki..! Hehehe..
Bandingannya begini.. Kruk As Shogun
dari vendor harganya Rp.850.000 kalo
udah di kasih label SGP sekitar
Rp.900.000-an..
Nah sedangkan Kruk AS Supra 125 dari
vendornya cuma Rp.250.000,- (gila baja
apa tahu nih bahan bakunya) dan kalo
udah pake label HGP sekitar
Rp.480.000-an
Contoh lain Mio yang selalu berdecit..
(Komponen CVT dibuat oleh vendor
yang sama..) orang vendornya bilang,
bukan gak mau bikin CVT mio pake
bahan bagus.. tapi Yamaha-nya gak
mau tuh.. makanya mio kalo pake Parts
CVT Mio Thailand semua problem
hilang.. padahal dimensinya sama dan
bisa langsung plek..
Nah lho.. Berarti bukan semua Yamaha
jelek.. Mungkin yamaha di Thailand
bahan bakunya bagus.. Tapi kita tau
Yamaha di kita seperti apa..
Coba juga tanya yang udah main ffa
pake Mio.. parts mana sih yang dia
pake..?? pasti jawabannya lebih tahan
banting parts Yamaha Thailand..
Begitu pun Honda di luar sana yang
sangat bagus dari segi kualitas dan
kenyamanan.. Ada kawan TRM yang
selalu pakai produk Honda Thailand dari
Sonic 125, Nice 110, NSR SP, dan
sekarang kembali pakai Sonic.. Bahkan
masih cari CBR 150 lama kalo ada yang
jual masih mulus..
(Komponen CVT dibuat oleh vendor
yang sama..) orang vendornya bilang,
bukan gak mau bikin CVT mio pake
bahan bagus.. tapi Yamaha-nya gak
mau tuh.. makanya mio kalo pake Parts
CVT Mio Thailand semua problem
hilang.. padahal dimensinya sama dan
bisa langsung plek..
Nah lho.. Berarti bukan semua Yamaha
jelek.. Mungkin yamaha di Thailand
bahan bakunya bagus.. Tapi kita tau
Yamaha di kita seperti apa..
Coba juga tanya yang udah main ffa
pake Mio.. parts mana sih yang dia
pake..?? pasti jawabannya lebih tahan
banting parts Yamaha Thailand..
Begitu pun Honda di luar sana yang
sangat bagus dari segi kualitas dan
kenyamanan.. Ada kawan TRM yang
selalu pakai produk Honda Thailand dari
Sonic 125, Nice 110, NSR SP, dan
sekarang kembali pakai Sonic.. Bahkan
masih cari CBR 150 lama kalo ada yang
jual masih mulus..
Tapi dia anti pake produk AHM,
Menurutnya selain kasar, semua produk
AHM lebih cepat rusak.. TRM pun setuju
dengan pendapat demikian..
Kembali ke masalah Parts.. Orang
vendor tersebut sampai mengatakan
kepada Bang Riky.. : "Orang AHM tuh
paling bikin pusing kalo dateng kesini..
selalu tekan budget pengen harga
semurah mungkin.. Yaa kita bingung
mau kasih bahan baku kayak apaan.."
"Yamaha sama aja kok.. Makanya
karena kita tau dapur semua motor,
semua karyawan disini semua pake
Suzuki.. lu liat aja tuh di parkiran.."
Bang Riky pun meyakinkan TRM bahwa
semua di parkiran mayoritas merk
Suzuki.. (Iyalah kan mereka yang bikin
semua merk parts motor..)
Artinya lagi khusus d Indonesia Pabrikan
motor Honda dan Yamaha menurunkan
kualitasnya.. jadi bukan semua Honda
dan Bukan semua Yamaha lho Techno
Mania..
Obrolan dengan Bang Riky pun
menjurus ke sejarah balap Indoprix..
Dia bilang bahwa Yamaha tuh masih
pake mesin lama buat balap.. jadi bukan
mesin Jupiter Z generasi terkini.. Kalo
kita (Suzuki) kan ngikutin Produk yang
keluar, itu yang dipake balap.. Coba kalo
Shogun 110 dipake lagi.. Gak akan di
kasih menang lah mereka.. bedanya
juga jauh banget kok.. kita aja yang
risetnya belum ketemu.. Yamaha dari
dulu tenaganya segitu-gitu, mereka
bertahan.. Kita sih riset dari awal lagi,
dari nol lagi…
Kalo Honda oke lah.. karena mereka
juga mesin baru tapi udah kompetitif..
abis dananya gak abis abis.. orang yang
merisetnya juga banyak banget..
Pendapat TRM..:
Kalo misalnya kita beli motor baru
bebek 125cc dengan cara
mengumpulkan parts satu persatu dari
Crank Shaft, Gear Ratio Set, Crank Case,
Piston, Cylinder Block, Head Block,
beserta seluruh isinya, Chassis, Kabel
Body, lampu-lampu, keseluruhan Body,
swing arm, velg & ban, kaca spion,
Speedometer, dll.. sampai lengkap
semua, lalu dirakit sehingga jadi satu
motor utuh..
Fakta jika di merk Suzuki mungkin sekitar
Rp.12,5juta.. Ditambah Pajak, BBN,
ongkos kirin sampai Dealer, dll jadilah
harga motor tersebut Rp.15 jutaan..
Artinya dengan hanya harga
Rp.15jutaan, Suzuki hanya ambil untung
dikit..
Sebaliknya jika melakukan hal yang sama
di merk Honda, dengan harga parts
yang lebih murah kenapa harga baru
bebek 125cc milik AHM selalu yang
termahal diantara merk lain.. Artinya
AHM mengambil untung terlalu banyak..
dengan kualitas yang dibawah rata-rata,
dan dengan harga parts menekan
budget ke vendor.. Pantaskah produk
AHM tersebut dibeli..??
Lalu dengan kualitas setara GSX-R1000
pantaskah Suzuki Genuine Parts disebut
mahal..??
Lalu kenapa justru produk AHM
tersebut lah yang lebih digandrugi..??
TRM jadi ingat perkataan Mario Teguh
yang menyatakan ada barang yang
mejadi mahal karena kuaitas.. Semakin
baik fungsinya semakin banyak rupiah
yang harus dibayarkan.. (Ini yang terjadi
di Suzuki)
Tapi ada juga barang yang menjadi
mahal karena emosi, karena merk
tertentu, atau bekas dipakai orang
tersohor maka harganya menjadi mahal
(ini yang terjadi di produk AHM)
Coba deh tanya sama pemakai Honda..
langkahnya berapa.? diameternya
berapa.? atau cc itu apa.? Gimana cara
ngitungnya.? rata-rata mereka gak tahu
kan..! Satu perkataan yang akan keluar
dari mulut mereka "YANG PENTING
HONDA DEH"
Nah.. Kalo Suzuki hanya dapet untung
sedikit, masih bisakah melakukan Riset
untuk pengembangan dan untuk
memenuhi kemauan konsumen..??
Atau demi memenuhi kemauan
konsumen haruskah Suzuki menurunkan
kualitasnya agar punya dana riset..??
Tidak ada komentar:
Posting Komentar