Selasa, 19 November 2013

BEBY Happy Naik Suzuki Hayate

BEBY lagi Happy naik Hayate.

Apasih kekurangan dan kelebihan Suzuki hayate 125 
Untuk konsumsi bbm pada awal (baru) pemakaian Suzuki Hayate 1:35 dengan stop ang go. setelah penggantian oli dan berjalan diatas 2000 km saya mendapatinya lebih hemat: 1:40 menggunakan oli SGO sae 20-50. Mungkin akan lebih irit bila menggunakan oli spesial matik (sae 20-30). lain dari itu Suzuki Hayate stabil dan tidak bergetar pada kecepatan 100 kpj .Untuk bensin Suzuki hayate tergantung tempat pemakaiannya. jadi yang di jelaskan 1:37-55 itu untuk perjalanan jarak jauh dan gas stabil. jadi kalau digunakan di dalam kota misalanya, banyak faktor yang mempengaruhi keborosan matic Suzuki hayate ini, diantaranya Gas spontan yang tinggi saat memulai berjalan, serta banyaknya lampu lalin yang membuat kendaraan berhenti dan tetap hidup


Suzuki Hayate memiliki kelebihan sebagai berikut :

1. Desain yg sporty dan urban dynamis.
2. Velk Ring 16" , Yang mampu meredam getaran pada medan terjal dibanding ring 14" matic pada umumnya.
3. Dilengkapi dengan Dowble shock (2 Skok belakang), Yang mampu menjaga kesetabilan saat di muati beban belakang maupun untuk berboncengan.
4. Lampu belakang Suzuki hayate di Desaign mirip GSX-R
5. Penyaring udara yang besar sehingga memaksimalkan penyaringan udara untuk saluran karburator.
6. Bagasi penyimpanan Suzuki hayate yang luas 17 Liter, Sehingga helm Full Fice atau helm teropong pun bisa disimpan di dalamnya. bagasi ini sangat aman untuk menyimpan helm mahal sehingga tidak takut akan kehilangan helm.
7. Lampu depan yang disusun bertumpuk sehingga memberikan efek cahaya penyinaran yang lebih terang.
8. Model desain variasi lampu pada tengah lampu yang terkesan mewah.
9. Suzuki hayate Sudah Dilengkapi stop engine pada standart (jagang) samping.
10. Tangki bensin 5 Liter 
11. Dilengkapi dengan Sistem SCEM yang berfungsi sebagai pamaksimalan bahan bakar sehingga asupan bensin lebih irit dan meredam panas yang di timbulkan oleh mesin sehingga cepat dingin, serta pemaksimalan gas buang sehingga tidak banyak membuang tenaga. 
Di atas merupakan sedikit tentang kelebihan suzuki hayate.
Untuk perbandingan Bensin nya pun tergolong sangat irit dibanding dengan matic sekelasnya. Bensin 1 : 37 - 55 km, jadi disini Suzuki Hayate dengan Bensin 1 Liter mampu menjangkau jarak 55 km. Suzuki Hayate juga dilengkapi dengan tangki bensin 5 Liter, Sehingga kita tidak perlu berkali kali antri di POM bensin untuk mengisi Bensin. Full Tangki hayate mampu menempuh jarak 275 km. bisa jadi 2 minggu sekali baru ke POM untuk isi Bensin.Sekarang Suzuki tidak lagi dikatakan boros, tetapi produk suzuki jauh lebih irit di banding produk lainnya.

Suzuki Hayate memiliki kekurangan sebagai berikut :
1. belum FI A.k.a Full injection
2. mmm.. kurang apalagi ya??? oiya, Kurang Promosi kayaknya.. Hehehe..
Pengalaman Para Pemakai Suzuki hayate
1. Pernah boncengin bini dan dua anak (bobot 180 kg) pake hayate 125 cc, terus ketemu pasangan boncengan pake vario, spacy, xeon dan mio. Wuih sgt prihatin, motor tsb terlihat kecil spt tenggelam buat boncengan. Jauh bgt dibanding Suzuki hayate yg terlihat kokoh elegant. 
Lbh prihatin lg liat xeon sama mio. Kayak mau patah buat boncengan!!
Hayate jg matic dg design terbaik dikelas 100-125cc.
2. Dgn double shock, ring velg 16'' dan mesin 125 cc, membuat Suzuki hayate terasa lbh nyaman dibanding yg lain. Tenaga mesin spt gak abis2 pada putaran menengah dan atas. Pd kecepatan tinggi, hayate sgt2 stabil.
Vario dan xeon mah dg mudah kelibas.
3. Rasio harga dan performance, hayate jg paling kecil. Artinya dg harga murah, anda mendapat motor berkualitas.
4. Sparepart hayate jg murah. Spare part suzuki mahal cuma mitos. Paling kalo beda cuma 50 ribu.
5. Harga jual suzuki jeblok? Woi, gw bukan pedagang motor bekas. Ane beli motor baru buat dipake, bukan buat dijual lg

saya punya suzuki hayate yang selalu sy bawa kemana-mana… urusan pelumas saya pake Fastron Full Syntetic 0W-50W. di pom bensin oli ini dihargai Rp. 155ribu/liter. Agak mahal sih… tp klo kita cerdas toh mahalnya oli ini kebayar koq dengan performa yang dihasilkan NengYati ku… mulai dari konsumsi bensin yang lebih irit (perhitungan saya bisa irit 5 – 8 km/liter premium). Dan umur oli yang saya rasa bisa lebih lama… mungkin bisa sampai 5000 km. karena pada saat odometer 2500 km dan harus masuk beres, performa NengYati masih enak banget. Tapi karena takut garansi mesin jadi batal (karena gak melakukan perawatan rutn setiap 2500 km) jadi mau gak mau tuh oli harus diganti… Kalo kata mekanik di Beres, oli ini bisa koq digeber sampe 5000 km, bahkan mekanik langganan saya, selalu menampung oli bekas saya (karena dia tau oli saya baru 2500 km), Katanya sih buat dipake di smash nya dia…. hahaha….. saran saya : ubah mindset kita dari membeli barang menjadi membeli kualitas…. karena dengan kualitas bagus, bisa dipastikan barang tersebut sudah pasti lebih murah….. gak percaya…??? coba diitung-itung bro… nih saya kasih itungan sederhananya dari pemakaian oli yang sudah saya terangkan diatas :

- Oli Fastron Full Syntetis 0W-5W = Rp. 155ribu/liter
- Oli Konvensional = Rp. 40ribu (rata-rata)
Ada perbedaan harga sekitar 115 ribu…

Mari kita hitung performa yang dihasilkan Fastron (berdasarkan pengalaman dengan NengYati ku)

- Bensin lebih irit (jika dengan oli biasa NengYati ku 35-40 km/liter premium, dengan fastron bisa smp 40-45 km/liter, tergantung cara mengengendarai) kita ambil tengah2 nya. OLI BIASA = 37 km/liter, OLI FASTRON = 42 km/liter. kalo kita hitung berdasarkan perawatan rutin per 2500 km, maka perhitungannya sbb :
OLI BIASA, 2500 (km wajib ganti oli) / 37 (liter/km) = 67,6 Liter. artinya setia sekali periode penggantian oli, mesin menenggak 67,6 liter. Jika dikaslikan dengan harga premium : 67,6 x 4500 = Rp. 304,200
OLI FASTRON : 2500 / 42 = 59,5 liter. artinya dalam setiap periode pengantian oli ini mesin menenggak 59,6 liter. jika dikalikan dengan harga premium : 59,5 liter x 4500 = Rp. 267,750
dr sini ada save money sebesar Rp 36.450. Jika kita kurangi dengan harga oli nya. Maka oli FASTRON ini mempunyai value sebesar Rp. 118,450 (155ribu harga oli – 36,450 save money yg kita hitung tadi) 

Rp 118,450 / liter masih mahal buat ukuran oli….???? eitsss…… nanti dulu…. itungan itu msh diitung per 2500 km penggantian oli, secara teori oli ini bisa smp 5000 km (jika diaplikasikan di mobil oli ini bisa tembus sm 10.000 km, tp jgn coba2 pake smp 10,000 km buat motor…. itungannya beda bro… cukup smp 5.000 km saja). Nah… klo oli ini diajak smp 5000 km.Suzuki Hayate memang te o pe dah.. itu lah salah satu kelebihan lainnnya dari hayate

Source : http://komunitassuzuki.blogspot.com/2012/11/apasih-kekurangan-dan-kelebihan-suzuki-hayate-125.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar