Senin, 03 Juni 2013

Ternyata Gedung di Surabaya Ini Dulunya Tempat Dansa Orang Belanda

detikTravel Community - Surabaya punya banyak bangunan bersejarah peninggalan penjajah Belanda, salah satunya adalah Gedung Balai Pemuda Surabaya. Siapa sangka, gedung yang kini jadi pusat informasi wisata, dulunya adalah tempat pesta tuan dan nyonya Belanda.

Gedung Balai Pemuda adalah satu di antara beberapa gedung cantik di Jl Pemuda Surabaya, Surabaya, Jatim. Dengan gaya arsitektur khas Belanda, gedung ini terawat dengan baik dan kini difungsikan sebagai pusat informasi turis.

Jl Pemuda Surabaya merupakan destinasi Kota Tua di Kota Pahlawan. Wisatawan dalam dan luar negeri pun sering datang ke sini. Wisata sejarah menjadi hal yang dapat Anda temui saat melancong ke sini.

Di sana ada sebuah gedung tua warisan kolonial Belanda dengan gaya arsitektur yang menawan. Oleh pemerintah Kota Surabaya, gedung tersebut diberi nama Balai Pemuda Surabaya.

Gedung Balai Pemuda Surabaya masih terawat dengan baik. Di sisi lain, komplek gedung ini pernah dilahap si jago merah beberapa waktu yang lalu. Kini gedung tersebut difungsikan sebagai kantor pusat informasi wisata di Kota Surabaya (Surabaya Tourism Information Centre).

Wisatawan domestik atau mancanegara dapat mengetahui mengenai destinasi dan acara-acara wisata budaya di Surabaya di gedung ini. Mereka bisa bertanya banyak hal secara gratis kepada petugas kantor informasi wisata di sana.

Pernah suatu ketika, kami bersama keluarga mengunjungi pameran tanaman hias yang diselenggarakan di halaman Balai Pemuda Surabaya. Setelah menikmati cantiknya beragam tanaman hias yang dipamerkan, kami menyempatkan diri mampir di kantor pusat informasi wisata Surabaya itu.

Seorang perempuan belia berpenampilan menarik mempersilahkan kami untuk masuk ke dalam ruangan kantor. Kami agak ragu, sebab maksud kami sebenarnya sekedar iseng melihat-lihat gedung atau informasi tentang seluk-beluk destinasi serta berbagai event yang akan diadakan.

Ternyata petugas tadi menyambut kami dengan serius dan sangat ramah. Dia memperlakukan kami layaknya seorang wisatawan yang membutuhkan informasi.

Dari situ kami menyimpulkan, pihak manajemen Surabaya Tourism Information Centre menunjukkan performa yang prima. Mereka juga tidak setengah-setengah perannya dalam pengembangan wisata di Surabaya.

Komplek Gedung Balai Pemuda Surabaya adalah bangunan kuno warisan Belanda. Gedung ini pun ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya.

Gedung Balai Pemuda Surabaya juga menjadi pusat pameran kerajinan, pementasan kesenian tradisional maupun modern. Terkadang, pihak-pihak tertentu menyewa tempat ini untuk acara-acara resepsi pernikahan, audisi dan lain-lain.

Di masa pendudukan Belanda, kira-kira tahun 1900-an, Balai Pemuda Surabaya ini memiliki nama asli berupa 'De Simpangsche Societeit'. Gedung ini digunakan sebagai tempat berpesta pora, berdansa atau bermain bowling oleh para tuan dan nyonya Belanda saat itu.

Ketika peristiwa heroik di Surabaya yang menggemparkan dunia internasional, Gedung Balai Pemuda Surabaya difungsikan sebagai Markas Besar Pemuda Republik Indonesia (PRI). Inilah tempatnya untuk pusat menggalang perlawanan rakyat dan pemuda Surabaya dalam melawan kekuatan sekutu yang bercokol di Surabaya.

Dengan semakin tumbuh dan berkembangnya Kota Surabaya, gedung yang sebagai destinasi dan bangunan cagar budaya ini menghadapi tantangan. Betapa tidak, di sekitar gedung kuno bekas peristiwa perang 10 November 1945 itu kini menjamur banyak mal (kompleks pertokoan Tunjungan Plaza dan Surabaya Plaza).

Oleh sebab itu, warga Surabaya dan sekitarnya lebih tertarik menyerbu mal-mal tersebut ketimbang Gedung Balai Pemuda Surabaya. Mereka seolah cuek dan tak menghiraukan bahwa ada bangunan cagar budaya bernilai historis yang perlu ditengok.

Paling hanya segelintir orang yang mengunjungi gedung ini. Mereka umumnya turis asing yang ingin mendapatkan informasi tentang destinasi Surabaya dan berbagai event yang akan diselenggarakan.

Pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat diselenggarakan pameran-pameran, tempat ini kelihatan semarak dan ramai pengunjung. Di tengah-tengah persimpangan Jalan Pemuda, Yos Sudarso dan Gubernur Suryo, Anda bisa menyaksikan air mancur cantik yang semakin menambah pesona Gedung Balai Pemuda Surabaya.

Sesekali terlihat pedagang kaki lima mangkal di lokasi gedung, memang belum ada pusat jajanan khusus di area Balai Pemuda. Bila ingin lebih lengkap, Anda bisa berjalan sebentar ke pusat kuliner Surabaya Plaza atau kantor pos Taman Apsari. Dijamin Anda akan puas dengan pilihan-pilihan kuliner di sana.

Tidak jauh dari Balai Pemuda, Anda atau traveler lain akan menlihat Hotel Garden Palace yang termasuk hotel berbintang kebanggan Kota Surabaya. Disampingnya berdiri kedai es krim yang sudah sangat melegenda di Surabaya, 'Zangrandi'.

Berkunjung ke Balai Pemuda sambil menikmati lembutnya es krim 'tutti fruti' tentu lebih mengasyikkan. Bagi traveler yang ingin melakukan perjalanan dengan kendaraan umum, Anda bisa naik angkot berwarna coklat dari terminal Joyoboyo. Angkutan kota ini lewat di depan Gedung Balai Pemuda Surabaya dan Anda bisa turun persis di depan gedungnya.

di Surabaya emang deh banyak tempat bersejarah...


source: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar