Minggu, 16 Juni 2013

ciri pribadi orang yang ikhlas

ikhlas itu kata yang mudah untuk di ucapkan tapi tidak gampang untuk di jelaskan dan sangat sulit untuk di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.tapi pribadi orang yang ikhlas dapat di lihat pada ciri-ciri yang bisa di gambarkan dalam tingkah lakunya.dan saya ingin menggambarkan ciri pribadi orang ikhlas dengan mengambil suri tauladan dari baginda nabi muhammad saw.


ikhlas adalah sesuatu yang sangat rahasia tidak ada satupun makhluk yang mengetahui tentang hal itu bahkan malaikat sekalipun tidak pernah tahu kecuali hanya alloh semata yang maha mengetahui.kadang ada orang yang melakukan sesuatu perbuatan selalu di akhiri degan ucapan " saya melakukannya ikhlas ko" tapi ketika orang yang telah di bantunya itu tidakberterima kasih kadang-kadang hati kita suka mendumel sedikit jengkel juga.

ciri pribadi orang yang ikhlas.bisa dilihat dari tingkah laku dan perbutannya dan ini diambil dari ketauladan nabi muhammad saw.sebagai uswatun hasannah atau suri tauladan yang baik.diantaranya:




  1. orang yang ikhlas memiliki sifat sabar,nabi pun sebagai seorang manusia biasa,pernah mengalami rasa sedih di tinggal oleh orang-orang yang di cintainya tapi beliau tidak larut dalam kesedihannya,dan menyadari kepada taqdir yang telah di tentukan alloh swt.
  2. orang ikhlas itu selalu bersyukur atas apa-apa yang telah di berikan alloh kepadanya baik suka maupun duka,sedikit banyak karena dia menyadari bahwa segala sesuatunya adalah pemberian alloh
  3. orang yang ikhlas hatinya baik dan lembut, senang membantu orang walaupun orang yang di bantunya tidak pernah mengucapakan rasa terima kasih.dia tidak pernah peduli dengan ucapan terima kasih dari orang .walaupun  mungkin orang tersebut  malah mencibirnya dia tetap tersenyum manis.
  4. orang yang ikhlas hatinya bersih tidak pernah iri hasud pada orang lain tapi malah senang ketika orang lain mendapatkan kebaikan dan ikut bersedih ketika orang lain mendapatkan cobaan dan musibah
  5. orang ikhlas tutur katanya sopan dan lembut.perkataannya tidak pernah membuat orang lain tersinggung,perkataanya tidak pernah di buat-buat karena ingin menyenangkan orang lain.lebih baik berkata benar atau diam bila tidak perlu.untuk bicara
  6. orang ikhlas selalu memaafkan kesalahan orang lain walaupun orang yang berbuat jahat kepada dia belum meminta maaf
  7. orang ikhlas tidak marah karena hawa nafsunya,tidak pernah benci karena hawa nafsunya dia sangat takut kepada alloh dzat yang maha rahman maha rahim
masih banyak dan tidak akan pernah habis untuk di ungkapkan.semoga kita diberikan kekuatan dan kemampuan  oleh alloh untuk menjadi pribadi orang ikhlas..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar