Kamis, 09 Januari 2014

MEMAKMURKAN MASJID

Ditulis : Ust. Rochmad Supriyadi Lc

Alhamdulillah, washolatu wassalamu ala' rosulillah, waba'du; Sesungguhnya amal salih sangat beraneka ragam bentuk, dan keutamaan nya disisi Allah سبحانه وتعالى , dan diantaranya yang paling berharga dan mulia adalah membangun masjid dengan penuh keimanan dan mengharap pahala disisi Allah سبحانه وتعالى , dikarenakan masjid merupakan baitullah yaitu rumah Allah yang ada dimuka bumi yang diwasiyatkan agar dibangun, disucikan dan diagungkan, serta diperintahkan agar dimakmurkan.

Allah سبحانه وتعالى berfirman,
" Dirumah-rumah yg disana telah diperintahkan Allah utk memuliyakan dan menyebut nama-Nya, disana bertasbih nama-Nya pada waktu pagi dan petang. Orang yg tdk dilalaikan oleh perdagangan dan perniagaan dari mengingat Allah, melaksanakan sholat, menunaikan zakat, mereka takut kpd hari ketika hati dan penglihatan menjadi guncang (hari kiyamat). QS An-Nur 36-37.

Allah سبحانه وتعالى berfirman,
" Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yg beriman kepada Allah dan hari akhir, serta mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tdk merasa takut kepada apapun kecuali kpd Allah. Mudah-mudahan mereka tergolong orang-orang yg mendapat petunjuk ". QS At-Taubah 18.

Maka barang siapa yang memakmurkan masjid baik secara lahir dan maknawi dengan aneka ibadah, maka ia tergolong orang yg beriman kepada Allah dan hari akhir, dan ia tergolong orang yg mendapat petunjuk kebajikan baik didunia dan akhirat.

Dari sahabat Utsman ibnu Affan radiyallahu anhu, ia mendengar Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda,
" Barang siapa yang membangun masjid dalam rangka mencari wajah Allah, niscaya Allah bangunkan baginya rumah disurga ". HR Bukhary dan Muslim.

Dalam riwayat Tirmidzy, Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda,
" Barang siapa yg membangun masjid, besar atau kecil, niscaya Allah bangunkan rumah bagi nya disurga ". HR Tirmidzy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar