Selasa, 14 Januari 2014

Animator Dan Gamelan Indonesia Ada di Film Hobbit

suarasurabaya.net - Film kedua dari trilogi Hobbit, boleh jadi sangat membanggakan masyarakat Indonesia sebab musik gamelan asal Indonesia menjadi bagian dari film tersebut. Selain itu animator Indonesia, Rini Sugianto juga terlibat dalam penggarapan karakter animasinya.

Peter Jackson memang sengaja mencari suara musik yang baru di filmnya. Pementasan kelompok Padhang Moncar di New Zealand Symphony Orchestra menjadi perkenalan tentang gamelan sekaligus awal kelompok ini dilibatkan dalam pengerjaan ilustrasi musik.

Proses hingga terpilihnya gamelan tidak mudah. Pihak film the Hobbit tidak lantas setuju begitu saja untuk menggunakan gamelan dalam penggarapan ilustrasi musiknya. Budi Surasa pada VOA mengatakan, dia memberikan rekaman contoh musik gamelan untuk didengarkan lebih lanjut setelah mereka menyaksikan pagelaran.

Salah satu adegan dimana alunan gamelan terdengar adalah ketika karakter Bilbo Baggins yang diperankan oleh aktor, Martin Freeman, berjalan di atas harta karun di Lonely Mountain, tempat tinggal para kurcaci yang telah diambil alih oleh sang naga atau Smaug. Suara gemerincing koin emas yang tersimpan di Lonely Mountain tersebutlah yang dihasilkan oleh suara gamelan.

“Suara gamelan itu sudah dicampur dengan suara musik-musik yang lain. Meskipun keterlibatan gamelan tidak besar, tapi ini sangat membanggakan,” kata Budi. (rst)


Teks Foto :
- Gamelan Padhang Moncar, pimpinan Budi Surasa Putra

Foto : Dok. VOA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar