Senin, 27 Mei 2013

Masih Layakkah Pekalen Atas Untuk Wisata Rafting

Maksud judul diatas adalah kelayakan untuk peserta umum, peserta yang belum pernah rafting atau yang tidak ahli dibidang rafting. Karena berdasar informasi, Pekalen atas bisa digunakan jika syarat syarat keamanan terpenuhi seperti adanya akses ke pinggir sungai sementara pekalen atas didominasi oleh tebing. Jadi perlu dibangun tangga dan tempat pertolongan diatas tebing sepanjang sungai dan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga belum bisa dilakukan oleh operator rafting yang ada di pekalen atas.  Inilah yang membedakan dengan pekalen bawah yang rata rata tidak bertebing sehingga jika terjadi sesuatu bisa langsung dievakuasi.

Pendapat diatas mengacu pada peristiwa meninggalnya peserta rafting pada sabtu kemarin tanggal 25 Mei 2013 di salah satu operator rafting di pekalen atas yang atribute-nya banyak didominasi warna kuning.

Rafting adalah olahraga/wisata yang menyenangkan, penuh tantangan dan mendebarkan. Tetapi bagaimanapun juga keselamatan dan keamanan adalah hal yang nomer satu jika kita berbisnis dengan alam. Untuk teman teman berhati hatilah memilih operator, pastikan standarisasi peralatannya, kemampuan guidenya dan pilih lokasi yang sesuai.

Pekalen bawah juga tidak kalah seru dari pekalen atas, Jumlah jeram dan sensasinya termasuk resiko keselamatannya menjadi pertimbangan untuk mereferensikan pekalen bawah. Pekalen bawah tidak ada Air terjun tetapi itu tidak mengurangi sensasinya, coba deh.

Lets go guys kita bersenang-senang tanpa meninggalkan unsur keselamatan.
Happy adventure......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar