Selasa, 19 Januari 2016

KULINER AYAM JAGO BAKAR

Pernah merasakan makan disini karena lokasinya yang dekat rumah, baru tahu kalau yang dibakar ayam jago, pantesan dagingnya agak kenyal.. o iya legen disini juga enak.
Selain abon lele Kecamatan Menganti juga memiliki kampung yang dikenal memiliki aneka kuliner khas yakni Desa Hendrosari. Kampung ini pemah dinobatkan scbagai desa wisata kuliner oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Salah satu masakan yang paling khas dan diminati oleh semua kalangan adalah ayam jago bakar. Bahkan saking lezatnya, penikmatnya tidak hanya warga Menganti, tetapi warga Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, maupun Mojokerto, yang kerap ke Gresik hanya untuk menyantap ayam bakar jago ini.

Menurut Camat Menganti. Sutrisno masakan ayam bakar di kampung Hendrosari ini cukup khas dan nikmat. Ada belasan warung ayam bakar di Hendrosari yang semuanya berada di satu dusun atau perkampungan. Seperti depot milik Pak Wito, Bu Wati dan Bu Suminah.
“Ayam bakar jago memang dikenal menjadi ciri khas warung di Hendrosari. Itu terjadi karena dulu warga Hendrosari memang dikenal memiliki ayam jago yang dagingnya sangat lezat,” terang Sutrisno.
Suminah, salah satu pemilik warung ayam bakar menuturkan, dalam sehari warung miliknya bisa menghabiskan 120 ekor ayam jago yang dijual 65 ribu per porsi. Bahkan pada  hari libur bisa menghabiskan 200 ekor ayam jago yang dipasok peternak ayam jago di sekitar menganti. “Kalau Sekarang paling rata-rata 100 ekor per hari. Memang turun karena warga yang membuka warung sekarang sangat banyak. Ya rezekinya dibagi-bagilah,” sambil tersenyum ramah. 

Source : https://jawatimuran1.wordpress.com/2013/07/21/ayam-jago-bakar-menganti-gresik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar